Thursday, September 17, 2015

Pre-writing : Mencari dan Menemukan Ide


Setiap di masjid, sering saya mendapatkan ilham/ide untuk menulis. Seperti pada Rabu 2 September 2015, pukul 05:00 Waktu Singapore, saya sholat di masjid Sultan, Kampung Arab, Singapore. Saya sudah berkali-kali ke Singapore, mencari-cari apa yang hendak saya tulis. Sudah banyak orang menuliskan Singapore. Saya rasa, angle yang ini belum ditulis orang. Saya hanya perlu riset sendirian sekali lagi ke Singapore.

Saya jadi ingat ketika pre-writing novel "Balada Si Roy".Enam tahun saya memetakan kesusasteraan Indonesia masa itu (1980-88). Lalu saya memutuskan menulis novel petualangan remaja, diselipi puisi. Saya tulis selama 6 tahun juga (1988-94).

Artinya, menulis itu tidak selalu harus duduk melamun di kamar. Juga tidak harus ke luar negeri. Tapi, pergilah dari rumah. Pergi ke rumah sakit, ke pasar, ke pantai, atau ke gunung. Juga ke kampung-kampung tetangga. Dengan cara riset lapangan seperti itu, insya Allah, ide tulisan akan muncul. Maksimalkan panca indra kita dengan menggunakan pendekatan jurnalistik (5 W plus 1 H).

No comments:

Post a Comment