Thursday, April 23, 2015

Piknik ke Pulau Panjang di Teluk Banten

Jika bebicara “ke mana berlibur jika di Banten?” Pasti jawabannya; Pantai Anyer atau wisata sejarah di Banten Lama. Tapi tunggu dulu. Saya menemukan destinasi asik untuk piknik murah meriah bersama keluraga. Tidak ramai dan terjangkau. Tentu paling asik lagi, memiliki aroma petualangan yang khas anak-anak. Apa itu? Pulau Panjang di Teluk Banten!



Rutenya dari jalan tol arah Jakarta – Serang keluar di Pintu Tol Cilegon Timur. Setelah membayar di pintu tol, terus sedikit, ada pertigaan (banyak bus ngetem) ambil belokan ke kanan menuju Bojonegara. Nanti akan melewati terminal bus Cilegon di kiri. Dan melewati jembatan, di bawahnya ada jalan tol Jakarta - Merak.

Sekitar 15 Km, stop di Pol Air Grenyang, Kecamatan Pulo Ampel. Ini adalah dermaga untuk menyeberng ke Pulo Panjang. Kalau mobil, parkir saja di situ. Bayar ke tukang parkir Rp. 20 ribu, supaya dijaga. Kalau mau menginap, bayar Rp. 50 ribu, itu plus sedekah. Mobil kita aman.

Naik perhau Rp. 6000/orang. Kalau bawa motor bisa diangkut dengan biaya Rp. 10 ribu/motor. Itu sudah termasuk biaya menggotongnya. Perjalanan menyeberang dari Grenyang ke Pulo Panjang hanya 30 menit. Setelah perahu melaju dan kita berada di tengah Teluk Banten, kita akan melihat betapa banyak pabrik di daratan, di sepanjang Bojonegoro. Kapal tongkang dan kapal besar banyak parkir. Ternyta teluk Banten itu ibarat lahan parkir. Dari atas perahu, kita bisa memberi pelajaran kepada anak-anak kita - kalau sudah punya anak, tentang negeri bahari, kehidupan nelayan dan industri. Plus laut yang (mungkin ) tercemar dan harus kita rawat.

Perahu merapat di dermaga Pasir Putih. Motor ojek akan menawarkan jasa ke kampung Kebalen, kampung Baru dan kampung Peres. Jika ingin berwisata kampung, naik aja. Tarifnya bisa negosiasi; antara Rp. 5000 – 10,000. Jika ingin menginap, minta tolong ke mereka, banyak rumha penduduk dijadikan tempat menginap. Jika ingin menginap di dermaga Pasir Putih, ada villa dengan “tarif karet”, tergantung mood pemiliknya; berkisar Rp. 250,000 – Rp. 500,000,- Saya di hari kedua lebaran 2014 lalu, kena tarif Rp. 300,000,-/malam.

Anak-anak sangat menyukai laut di dermaga Pasir Putih. Tidak dalam. Juga dihiasi dengan perahu-per4ahu. Ada juga petualangan di tambak; mencari kerang. Sangat menyenangkan untuk mengenalkan aneka macam wisata laut kepada anak-anak. (Gol A Gong/foto: anak-anak mandi di dermaga Pasir Putih, serasa naik banana boat)

3 comments:

  1. di tempat wisata alam pulau panjang pemandangannya sangat indah untuk di nikmati bagi para travelleres dan pencinta alam , untuk route perjalanan dari kota sekitar bisa di lihat di link berikut ini wisata pantai pulau panjang jepara

    ReplyDelete
  2. ngunjungi budidaya rumput laut gak

    #

    ReplyDelete
  3. Mau dapetin uang jutaan rupaih setiap harinya tunggu apalagi gabung sekarang juga bersama donacopoker
    dengan deposit 10.000 kamu sudah bisa bermain poker
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete