Thursday, April 23, 2015

Tiga Hari Piknik di Singapore Murah-Meriah, kok!


Belajar tentang "bagaimana semestinya hidup" ke Singapore, kenapa tidak? Negara kecil dimana pasirnya dari Indonesia, memang mengundang decak kagum. Disiplin, bersih, indah, dan toleransinya tinggi. Mahal biayanya? Tidak. Itu sebabnya ini disebut piknik murah-meriah ala Gong Traveling. Ini tidak berbeda dengan traveling ala backpacker. Ayo, jangan ragu. Ikut Gong Traveling saja ke Singapura. Trip berikutnya ke Singapore hingga akhir tahun 2015 ini;  5 – 7 Mei, 1 - 3 Sept, 6 - 7 Okt, dan 10 - 12 Nov 2015. Biaya yang harus disetorkan ke kami Rp. 2,5 juta untuk tiket berasuransi Jakarta-Singapura PP, airport tax, backpacker hostel, pelatihan menulis bersama Gol A Gong plus penerbitan buku perjalanan ber-ISBN.


Lantas exclude atau biaya tambahannya bagaimana? Selama 3 hari di Singapore, ada 8 kali makan. Jika sekali makan bisa 3 – 5 dollar Singapura, maka siapkan saja dana 40 dollar Singapura (Rp. 400 ribu). Jika sarapan kita hilangkan atau hanya roti saja, bisa menghemat 10 dollar Singapura. Iya. Kenapa tidak membawa 3 buah roti untuk sarapan? Air mineral bisa kita dapatkan gratis di Singapura. Pikniker alias backpacker, pasti tahan lapar, ya!

Tiket terusan untuk kereta (MRT) atau bus 30 dollar Singapore selama 3 hari, setara dengan Rp. 300 ribu. Nanti dihari terkhir ada re-fund S$ 10. Lumayan. Untuk biaya tidak terduga, Rp. 250 ribu. Jadi, bawalah bekal Rp. 1 juta. Ditotal dengan biaya Rp. 2,5 juta. berarti bisa menabung Rp. 3,5 juta untuk bisa belajar banyak hal di Singapura.


Kalau mau menghemat lagi, tidak perlu beli souvenir, bawa bekal Rp. 500 tibu juga cukup. Tiket terusan untuk MRT dan bus sebesar Rp. 300 ribu itu harus. Nanti akan re-fund Rp. 100 ribu untuk makan di bandara saat pulang. Berarti ada Rp. 200 ribu untuk makan 3 hari. Cukupkah? Cukup. Ada 8 x makan. Kalau untuk makan malam, kita bawa belas roti, sele atau pop mie, kita bisa delete makan malam dan makan pagi. Berarti 4 kali makan bisa kita hemat. Nah, tinggal makan siang 3 kali. Kalau sekali makan menu sederhana tapi enak, nasi plus ayam saja sekitar S$ 3, berarti total S$9 (setara Rp. 90 ribu). Plus makan malam di bandara Changi saat pulang, itu bisa ditutup dari re-fund tiket S$ 10.

Nah, cukup ya. Berarti tiga hari piknik di Singapore murah-meriah. Berani mencoba? Segera ke Tias Tatanka di 081906311007.
Buktikan, bahwa piknik murah-meriah ala Gong Traveling benar adanya. (*)

No comments:

Post a Comment