Thursday, June 18, 2015

Karakter Anak Tumbuh Saat Traveling



Suatu hari di awal Mei 2015, datang seorang dokter kepadaku. Dia ingin dua anaknya ikut Gong Traveling jalur sutra. "Anak saya ini ingin belajar nulis juga ingin belajar mandiri," katanya.

Tentu saya senang mendengar ini. Jalur sutra adalah paket wisata jalan-jalan sambil nulis buku bersama Gol A Gong. Rutenya dari Jakarta naik pesawat ke Singapura. Kemudian naik bus ke Johor, Malaka dan Kuala Lumpur. Dari Kuala Lumpur naik kereta ke Singapura. Kemudian pulang.

Saya menjawab, "Insya Allah. Semoga saya bisa jadi guru yang baik selama traveling nanti."

Kemudian ada seorang ibu menelepon. Dia juga ingin putrinya bisa menulis. "Saya juga ikut, anaknya ingin ditemani ibunya," katanya.




Saya pernah mempraktekkan rute ini kepada putra saya, Jordy Alghifari (11 th) awal Mei 2015. Sepanjang perjalanan, Jordy ibarat sponge, busa yang menyerap air. Dia bertanya ini-itu, merespon lingkungan, berinteraksi dengan warga setempat, dan membanding-bandingkan antara negaranya dengan negara lain.

"Masih bersih Singapura," katanya. Lalu, "Malaysia kayak Indonesia," responnya. Menurut Jordy, Indonesia itu kotor dan tidak teratur. Sangat menyenangkan melihat anak kita tumbuh beradaptasi dengan lingkungan. Karakter mereka sedang kita sirami dengan inti kehidupan. Mereka melihat, menemukan, dan merasakan.

Waktunya Jumat 7 Agustus hingga Selasa 11 Agustus 2015. Lima hari empat malam alias 5D 4 N. Biayanya Rp 5 juta/orang. Pendaftaran hingga 1 Juli. Uang muka Rp 3 juta. Kontak ke Tias Tatanka di 081906311007, PIN BB 53A348EB.

Anda mau daftar? Atau anak dan keponakan Anda? Jika Anda ikut, berarti sudah mendukung gerakan literasi di Rumah Dunia, komunitas baca di Serang - Banten.(*)

No comments:

Post a Comment