Thursday, June 25, 2015

Traveling Bersama Keluarga Itu Menantang Sekaligus Asiiiiik



"Sebagai ayah, ajaklah anak Anda melakukan perjalanan, agar hatinya menjadi kuat. Dan jangan ragu untuk menuliskannya." (Gol A Gong)
***

Beberapa kali saya pernah ditanya, apa rahasianya bisa kuat di dalam perjalanan? saya berpikir lama. Saya menjawab, "Saya yakin ini karena Allah SWT." Tapi mereka meminta saya menjawab dengan jawaban yang realistis.




Saya berpikir lagi. Jawab saya, "Saya yakin sebelum berangkat, saya meminta do'a restu dari Emak, istri, lalu anak-anak. Ketika mereka merestui dan mengkikhlaskan saya pergi, hati saya jadi kuat. Barangkali juga madu, yang selalu saya campurkan ke dalam air mineral. Atau saya yakin juga karena kebaikan hati teman-teman di setiap kota yang saya singgahi, yang selalu menyambut saya dengan pintu hati terbuka. Atau, juga karena saya selalu menuliskannya di sosial media."

Mendengar jawaban saya seperti itu, mereka sangat puas. Tapi saya tambahi juga, "Setelah saya pulang ke rumah, saya harus adil. Saya kemudian mengajak mereka merencanakan perjalanan bersama keluarga. Ini sangat penting."

Saya menggilir waktu perjalanan bersama keluarga. Ada saatnya berdua bersama istri (honeymoon lagi), bersama seluruh anggota keluarga, dan bersama anak saja. Saya pun membebaskan istri dan anak-anak merencanakan perjalanan sendiri, tentu setelah saya merasa yakin, bahwa mereka akan aman di dalam perjalanan. Saya sudah sering melakukannya dan traveling bersama keluarga itu sangat menantang. Juga seperti kata Iwan Fals, "Asiiiiik...!" Kita akan mengenal lebih dalam lagi karakter anak-anak kita. Dan kita memberi kesempatan kepada anak-anak kita melihat dunia.
Nah, saat puasa 2015 ini ‪#‎GongTraveling‬ tebar "THR" alias diskon Rp. 500 ribu untuk trip "Jalur Sutra"; jelajah Singapura, Malaka dan Kuala Lumpur. Waktunya Jum'at 7 Agustus hingga Selasa 11 Agustus 2015. Dari biaya Rp. 5 juta jadi Rp. 4,5 juta. Sudah ada yang mendaftar ibu plus putrinya, dokter menitipkan 2 anaknya yang masih SMP, ibu dan putrinya lagi, serta 3 pelajar dan mahasiswa.

Rata-rata mereka bergabung di ‪#‎GongTravelingJalurSutra‬ ini, karena ingin mandiri dan menimba pengalaman. Kita akan menggunakan bus dan kereta api serta berinteraksi dengan warga setempat. Petualangan yang sangat menantang. Maka selalu saya sarankan: jika traveling bersama #GongTraveling cukup membawa ransel kecil saja, juga tidak lewat dari 7 kilogram, agar bisa dibawa ke kabin pesawat.

Segera daftar ke Tias Tatanka di 081906311007, PIN BB 53A348EB. Saya akan mengajak putra kedua saya; Gabriel Firmansyah, yang liburan dari Abu Dhabi. Putra saya ini bersekolah di Abu Dhabi. Kita bisa menimba pengalaman di perjalanan. Juga saya akan memberikan pelatihan menulis catatan perjalanan, dan langsung dipraktekkan.

Biaya Rp. 4,5 juta itu mendapatkan fasilitas pesawat Jakarta-Singapura berasuransi PP, airport tax, penginapan di tiap kota, tiket bus dan kereta api antar negara, pelatihan menulis, dan penerbitan antologi buku yang kita tulis ber-ISBN. Untuk konsumsi dan transport lokal ditanggung peserta ya.
Jangan ragu, bersama #GongTraveling, kita tidak sekadar melakukan perjalanan, tapi juga belajar menulis dan bersedekah ke ‪#‎RumahDunia‬, komunitas yang kami kelola di Serang, Banten. Setiap keuntungan yang kami peroleh ada bagiannya untuk #RumahDunia. Insya Allah... (Gol A Gong, backpacker sepanjang hayat)

No comments:

Post a Comment