Friday, April 24, 2015

Merencanakan Piknik Murah Meriah ke Luar Negeri

Ketika bertemu seorang guru di Jawa Tengah, saya mendapat kesan dari dia bahwa jalan-jalan ke luar negeri itu biayanya sangat mahal. Di benak dia, sesuatu yang mustahil bisa ke luar negeri kecuali untuk umroh dan pergi haji. Saya menyebutkan biaya Rp. 2,5 juta jika ingin piknik murah meriah ke Singapore. Dia kaget dan tidak percaya. "Saya pikir belasan juta!" katanya. Tentu biaya belasan juta juga bisa, tergantung di mana kita menginap, menu makanan apa yang kita makan, di restoran mana kita makan, dan menggunakan transportasi jenis apa selama kita berada di kota tersebut untuk mendatangai tempat wisata. Jadi, traveling murah itu bisa kita ciptakan sendiri. Di Singapore, masih ada hotel murah, restoran murah, transportasi murah, dan tiket pesawat murah.


Saya akan berbagi pengalaman, bagaimana caranya merencanakan traveling murah meriah ke luar negeri. Kita ambil contoh : negara Singapore  yang paling dekat atau Bangkok di Thailand. Keinginan pergi ke luar negeri harus kamu deklarasikan kepada orang-orang dan minta didoakan. Di Rumah Dunia, komunitas baca di Serang - Banten yang saya kelola , banyak anak-anak kampung yang bermimpi ingin keluar negeri. Saya membantu mengarahkan mereka hingga mimpi itu terwujud.

Apa saja yang harus kita lakukan? Jika kamu masih pelajar atau mahasiswa:
1. Menabung, sisihkan sebagaian uang sakumu untuk membuat passport. Biayanya Rp. 350 ribu. Jika ke luar negeri, syarat utama memang harus memiliki passport. Sekarang kantor imigrasi tidak seseram di era sebelum reformasi.
2. Ikuti lomba-lomba kreatif di media on line. Jika menang, hadiahnya lumayan dan tabungkan.
3. Untuk mengasah ketrampilan hidupmu, ikuti workshop-worshop kreatif yang gratis. Biasanya pemerintah setempat seperti Dinas Pendidikan atau Perpustakaan Daerah selalu menyelenggarakan peltrihan ini.
4. Tentukan negara yang akan kamu kunjungi. Singapore, Malaysia, dan Thailand adalah destinasi muah mreiah yang patut kita coba.
5. Berburu tiket pesawat murah jauh-jauh hari di internet. Banyak maskapai yang memberi hadiah tiket gratis. Siapa jodoh Anda!
6. Bergabung di komunitas traveler atau backpacker internasional. Kita bisa nebeng tidur gratis kepada mereka. Nnati ketika ada traveler lain datang ke kota kamu, giliran kamu yang menyediakan kamar gratis.

Silahkan dicoba. Tekadmu harus kuat. Dan piknik ke luar negeri bukan sesuatu yang hebat sekarang. Biasa-biasa saja. Tapi jika kamu masih serba takut, maka nasibmu akan seperti katak dalam tempurung. (GG)

No comments:

Post a Comment