Thursday, April 23, 2015

Xplore 3 : Suatu Pagi di Bangkok

Aku terbangun. Sekarang Kamis 2 April 2015,  pukul 03:00 waktu Bangkok. Dari jendela kamar Rainbow Guest House, Chakrapong Road, masih kudengar suara tawa dari Khaosan. Ini adalah trip ke 3 Gong Traveling atau jalan-jalan murah-meriah ke luar negeri sambil nulis buku catatan perjalanan. Pertama dan kedua “Gong Traveling : Xplore Singapore” pada Maret 205 lalu. Kini “Xplore Bangkok”.




Ini bukan sekadar traveling. Tapi ada pelatihan menulis catatan perjalanan. Pelatihannya bisa di mana saja. Saat di Singapore, kami pelatihan di alun-alun Al Juned. Saat “Xplore Bangkok” , Rabu 1/4/2015, kami memulainya dengan ngobrol santai di lobi terminal 3, bandara Soe-Ta. Kami bertukar pikiran tentang buku yang akan kami tulis.


Setelah sholat subuh, pukul 05:00, saya ajak Agus Pramono menikmati Bangkok pagi hari. Tadinya saya mau ajak Agus subuhan di Chakrapong Sei (Chakrabongse Mosque). Hanya saya ragu posisinya di sebelah mana. Saya pernah sholat do sini pada tahun 1990.

Hari masih gelap. Khao San yang tadi malam hedonis, kini tertidur..Di trotoar “street food” mulai berbenah. Saya bertanya tentang masjid itu, hanya 200 meter ke arah timur.

Kemudian Tias Tatanka, @Denmas Yudi, @Munif Efendi, Tri Sulistini bergabung. Toto St Radik, Aurazahra Bungapadi, Sofi dan Zeta masih do kamar. Kami pemanasan dulu, memesan jus. Harga 40 Bath
Kami melihat Bhiksu bermunculan. Banyak warga Bangkok yang bersedekah makanan. Hampir mirip dengan para santri yang berkeliling meminta beras kepada masyarakat.


Akhirnya kami menemukan gang kecil itu. Para pedagang sudah membuka kiosnya. Masjid pun tampak setelah 50 meter. Kami sarapan di sini. Sepiring antara 30-50 Bath.

Sorenya, kami sholat mahgrib di Chakrabongse mosque, Khaosan, Bangkok. Ada 2 shaf. Anak-anak, warga Thai Selatan, Dan dari Timur Tengah. Siapa sangka di awasan Hedonis ada masjid? Ini unik. Dua dunia berseberangan. Saling melengkapi. Saya pernah menyusuri basis Islam di Thailand Selatan;.Pattani dan Songkhla.

Hey, nanti Gong Traveling ada “Xplore Bangkok” berikutnya, yaitu 27-30 Mei. Biaya Rp 5 juta, include tiket PP, penginapan, pelatihan menulis, Dan penerbitan buku perjalanan. Daftar ke @Tias Tatanka di 081906311007 ( *)

No comments:

Post a Comment